" Hebat ! Sekolah ini Bersih Dan Sehat, mau tahu caranya ? "

                Sekolah merupakan lembaga formal yang berfungsi membantu khususnya orang tua dalam memberikan pengetahuan, keterampilan dan sikap kepada anak didiknya secara lengkap sesuai dengan yang mereka butuhkan. Kebersihan lingkungan merupakan komponen yang mempengaruhi dalam melaksanakan aktifitas belajar mengajar.Kebersihan juga merupakan syarat mutlak untuk menunjang kegiatan belajar mengajar di sekolah.
Pada kenyataannya yang terlihat saat ini di MTs.MATHALIBUL HUDA MLONGGO adalah masih minimnya tingkat kesadaran akan pentingnya menjaga kebersihan lingkungan sekolah. Adapun penyebab minimnya kebersihan di MTs.MATHALIBUL HUDA MLONGGO adalah fasilitas alat kebersihan yang kurang memadai disetiap ruang kelas ataupun ruangan lainnya. Serta kurangnya tingkat kesadaran untuk menjaga kebersihan lingkungan sekolah,  seperti membuang sampah sembarangan meskipun telah disediakan tempat khusus untuk membuang sampah.
      
Ada beberapa cara yang dapat dilakukan guna meningkatkan kebersihan MTs.MATHALIBUL HUDA MLONGGO yakni dengan cara menegaskan kegiatan piket kepada siswa dan memberi sanksi apabila tidak melaksanakan tugasnya dengan baik; menerapkan peraturan LISA “Lihat Sampah Ambil”; dan melakukan kegiatan gotong royong secara rutin untuk membersihkan lingkungan sekolah.
Cara diatas dilakukan agar terciptanya suasana lingkungan yang nyaman dalam proses kegiatan belajar mengajar, karena semua itu tidak akan efektif apabila komponen dari system sekolah tidak berjalan dengan baik. Salah satu dari komponen sekolah adalah kebersihan sekolah. Bukan hanya murid yang merasa nyaman jika lingkungan sekolah terjaga kebersihannya, para guru dan staf-staf lainnya juga ikut merasa nyaman.
         Disamping itu pula banyak siswa-siswa yang kurang bersemangat dalam belajarnya dikarenakan juga dari faktor kebersihan sekolah.
         Untuk menciptakan suasana yang nyaman dan tentram dalam proses belajar mengajar seluruh keluarga besar MTs.MATHALIBUL HUDA MLONGGO harus turut andil dalam melaksanakan kegiatan pembersihan lingkungan sekolah dalam rangka “Meningkatkan Kebersihan Lingkungan sekolah serta menambah semangat belajar siswa "
  
Kesimpulan
Dari beberapa uraian yang telah dibahas sebelumnya dapat kita simpulkan yaitu seluruh  keluarga besar MTs.MATHALIBUL HUDA MLONGGO harus bisa meningkatkan kebersihan lingkungan agar terciptanya suasana yang nyaman dalam kegiatan proses belajar mengajar yang dilakukan setiap hari, serta siswa harus selalu menjaga dan melaksanakan tanggung jawab untuk kebersihan lingkungan di MTs.MATHALIBUL HUDA MLONGGO dan tak kalah pentingnya belajar siswa pun menjadi lebih bersemangat lagi dan lagi.


Saran

  1. Dalam rangka meningkatkan kebersihan lingkungan MTs.MATHALIBUL HUDA MLONGGO ada beberapa upaya yang mungkin bisa dilakukan diantaranya :
  2. •Untuk menumbuhkan konsep diri siswa sehingga siswa dapat menjaga kebersihan lingkungan sekolah, guru disarankan untuk bersikap empatik terhadap lingkungan.
  3. •Sebaiknya diberlakukan kegiatan membersihkan kelas dan lingkungan sekolah secara rutin setiap sebelum masuk dan pulang sekolah.
•Memberikan sanksi kepada siapa saja yang tidak mentaati peraturan yang telah dibuat sedemikian rupa.


Video =

Komentar

Postingan populer dari blog ini

" Biasakanlah Para Siswa Membuang Sampah Pada Tempatnya "

Uniknya Bruce Wayne Si “ Batman ” Kelahiran Jepara, Jawa Tengah