Apakah "VIRUS ZIKA" itu ?



Salam semangat buat semua.
      Tahukah anda apa itu virus zika ? pasti kalian masih asing mendengar virus zika. Iya, kali ini saya akan membahas tentang virus zika. Virus zika merupakan salah satu virus dari jenis Flavivirus dan juga memiliki kesamaan dengan virus dengue ( berasal dari kelompok Arbovirus ). Virus ini sudah menyebar di berbagai negara diantaranya Barbados, Bolivia, Brazil, Cape Verde, Colombia, Dominican Republik, Ecuador, El Salvador, French Guiana, Guadeloupe, Guatemala, Guyana, Haiti, Honduras, Martinique, dan lain-lain.
      
      Virus zika disebabkan dan ditularkan melalui gigitan nyamuk. Nyamuk yang menjadi vektornya adalah nyamuk Aedes dapat dalam jenis Aedes aegypti untuk daerah tropis. Aedes Africanus di Afrika dan juga Aedes Albopictus pada daerah lain. Semua nyamuk jenis itu paling aktif pada siang hari. Virus zika juga bisa ditularkan melalui ibu hamil kepada janinnya.
      Selama kehamilan, menurut para ilmuwan infeksi virus zika pada ibu hamil dapat mengakibatkan mikrosefalus ( kepala kecil ) pada bayi yang akan dilahirkan, tapi bukti itu belum terbukti, namun semakin kedepan bukti itu semakin kuat.
      Tidak hanya ibu hamil, virus zika juga bisa menyerang semua kalangan. Jika siapapun yang tinggal atau mengunjungi area yang diketahui terdapat virus zika kemungkinan bisa terinfeksi oleh virus zika.
      
Gejala yang disebabkan oleh virus zika hampir sama dengan DB ( Demam Berdarah ) yaitu demam, bintik merah, sakit kepala, nyri sendi, nyeri otot, kelemahan dan terjadi peradangan konjungsi. Cara pencegahan agar tidak terkena virus zika, kita bisa melakukan diantaranya menghindari kontak dengan nyamuk, melakukan PSN ( Pemberantasan Sarang Nyamuk ), 3M Plus ( Menguras, Menutup penampungan air, dan Memanaatkan atau mendaur ulang barang bekas yang berpotensi tempat perkembangbiakan nyamuk penular Demam Berdarah.
      Baru-baru kali ini virus zika sudah menyebar ke Asia Tenggara, tepatnya di Negara Singapura, khusus warga Indonesia dan sekitarnya yang akan ke sana harus mewaspadai dan tetap memperhatikan lingkungan sekitar. 

      Oke semua mungkin hanya ini yang bisa saya sampaikan. Semoga anda lebih berhati-hati. Supaya, tidak terkena virus zika. Jaga kebersihan, dan semoga bermanfaat bagi kita semua.   

Komentar

Postingan populer dari blog ini

" Biasakanlah Para Siswa Membuang Sampah Pada Tempatnya "

Uniknya Bruce Wayne Si “ Batman ” Kelahiran Jepara, Jawa Tengah

" Hebat ! Sekolah ini Bersih Dan Sehat, mau tahu caranya ? "