INGIN JADI PEBISNIS MUDA, SIAPA TAKUT ?

           

        Banyak pelajar disekitar kita yang berkeinginan untuk mewujudkan impiannya menjadi pembisnis muda yang sukses dimasa depannya. Dengan begitu mereka sadar akan kemajuan bisnis dikalangan pelajar Sehingga mereka berusaha memajukan bisnisnya dari ilmu disekolah, walaupun masih duduk dibangku SMA/MA/SMK dan sederajat, tetapi mereka tetap bisa mengikuti pelajaran-pelajaran sekolah dengan baik. Mari kita bahas bersama-sama mengenai beberapa petunjuk untuk pembisnis pemula  seperti pelajar. Pertama yaitu YAKIN, yakin dengan bisnis yang akan dijalankan, jika ragu - ragu dalam berbisnis, saya yakin bisnis tersebut tidak berjalan dengan baik. Kedua pantang menyerah, pantang menyerah dalam menghadapi kendala–kendala dalam berbisnis, seperti dalam proses pengiriman barang ( jika online ), dalam menghadapi konsumen yang bandel dan lain sebagainya. Ketiga yaitu pantang capek, karena dalam berbisnis itu menguras tenaga dan juga pikiran, apalagi sebagai pelajar tentu sangat berat karena pelajar juga harus mengedepankan kepentingan sekolah. Dan yang terakhir yakni pintar - pintar membagi waktu, sebagai pelajar tentu kalian sibuk dengan berbagai kegiatan sekolah dan kalian juga harus memikirkan bisnis kalan, jadi kalian harus memanfaatkan waktu luang kalian harus memanfaatkan waktu luang kalian sebaik - baiknya.
        Ada banyak bisnis yang pas bagi pelajar asalkan bisnis tersebut cocok dan sesuai dengan hati serta bakat pelajar. Para pelajar dapat menggunakan imajinasi mereka dalam berbisnis, contohnya saya pribadi, saya suka bidang fashion, maka dari itu saya memilih busana sebagai lahan bisnis saya, dan saya menggunakan imajinasi saya untuk memadu-madankan busana. Dan masih banyak lagi contohnya. 
Sebagai seorang pembisnis tentunya tidak selamanya lancar, akan tetapi pasti ada rintangan-rintangan yang menghadang selama berbisnis. Kendala yang akan dihadapi pada dasarnya bersifat wajar untuk para pelajar yang memulai bisnis mereka seperti Keluhan dari para pembeli seperti telat dalam pengiriman barang ( karena online), barang yang dikirim tidak sesuai dengan keinginan dan lain lain. Kendala yang lainnya yakni banyaknya para pelanggan yang berhutang, dan juga sekolah saya terganggu karena saya belum bisa membagi waktu saya dalam berbisnis dan juga belajar sehingga waktu istirahat saya menjadi terganggu. Jadi tidak boleh takut jika ada kendala-kendala selama berbisnis, tenang saja ada solusi untuk mengatasi kendala tersebut selama kita bisa, seperti jangan menjadikan kendala–kendala tersebut menjadi suatu beban, karena  hal tersebut akan menyiksa diri kita sendiri dalam menghadapi keluhan para pembeli kita harus pintar - pintar dalam mengambil hati dan mengembalikan kepercayaan pembeli, seperti dengan mengajak ngobrol secara intensif melalu media sosial dan berusaha untuk mengembalikan kepercayaannya. Dalam menghadapi pembeli yang berhutang, kita bisa kasih penegas kepada mereka jika mereka ingin memesan barang kembali, mereka harus melunasi hutang - hutang mereka terlebih dahulu, kita tidak akan mengirimkan barang yang dipesan sebelum mereka melunasi hutangnya. Dengan begini para pembeli dapat tertib dan mau membayar hutang - hutangnya.
        Saya sudah menekuni bisnis ini sudah lama. Dengan berbisnis kita juga dapat  beberapa pengalaman , seperti pengalaman dalam jual beli, dalam menangani konsumen, dan lain sebagainya. Banyak sekali pengalaman yang berkesan buat saya, tetapi yang paling berkesan buat saya, tetapi yang paling berkesan yaitu setiap hari harus membawa barang dalam jumlah yang besar didalam tas yang besar pula ke sekolah, sampai - sampai  tukang parkir saja sudah tidak asing lagi dengan barang bawaan saya setiap hari. Awalnya saya malu melakukan hal tersebut karena banyak yang meremehkan serta mengejek saya, tetapi lama kelamaan saya mulai percaya diri, saya berpikir apa yang saya lakukan ini demi kebaikan saya , mereka yang mengejek saya belum tentu bisa melakukan apa yang saya lakukan dan juga  belum tentu mereka bisa sesukses saya. Maka tentunya banyak manfaat yang saya rasakan selama pengalaman berbisnis diantaranya dapat meringankan beban orang tua, karena dengan berbisnis para pelajar bisa menghasilkan uang sendiri sehingga para pelajar dapat memenuhi kebutuhanya sendiri bahkan untuk biaya sekolah pun tanpa harus meminta orang tua. Sekian koma lovers, tentunya bisnis untuk pelajar boleh-boleh saja asalkan tahu waktu dan tempat untuk memberikan banyak pengalaman selama kita berbisnis dan tidak mengganggu kegiatan belajar mengajar di sekolah.
        Jadi, jangan sekali-kali merasa takut untuk memulai bisnis mulai sekarang ini. Karena ada kemauan pasti disitu ada kemudahan, raihlah kesempatan kalian menjadi pembisnis sukses dimulai dari bangku sekolah.


Good Luck for 




Komentar

Postingan populer dari blog ini

" Biasakanlah Para Siswa Membuang Sampah Pada Tempatnya "

Uniknya Bruce Wayne Si “ Batman ” Kelahiran Jepara, Jawa Tengah

" Hebat ! Sekolah ini Bersih Dan Sehat, mau tahu caranya ? "